Magang

Laporan Magang

Minggu 1
Ini adalah minggu pertama magang di perusahaan ini, Pertamina Foundation. Pada minggu pertama ini kami ditugaskan magang melakukan pengenalan terhadap lingkungan dari kantor Pertamina Foundation sendiri, dan juga seluruh pegawai yang ada di Pertamina Foundation. Lalu disini kami ditempatkan pada sebuah unit yang bernama Green Life Education. Unit ini memiliki fungsi untuk membuat suatu gerakan yang dapat memberikan apresiasi untuk anak-anak bangsa dalam bidang pendidikan dengan mengkampanyekan Green Life dikalangan para pelajar di Indonesia.Pada minggu ini juga kami diperkenalkan dengan direktur unit ini yaitu Pak Ahmad Rizali atau Pak Nanang sapaan nya. Kita melakukan meeting dengan beliau dan disaat itu juga kami diberikan sambutan ucapan selamat dating, fasilitas apa saja yang akan kami dapatkan selama magang berlangsung dan juga disana kita sharing kemampuan apa yang kami miliki sehingga dapat membantu untuk ikut berkontribusi dalam mensukseskan program-program pertamina foundation sendiri khususnya berkaitan dengan Green Life Education. Adapun program yang sedang mereka lakukan di unit ini adalah Beasiswa Sobat Bumi dan Sekolah Sobat Bumi. Pak Nanang memiliki staff ahli di masing-masing program itu. Mas Fatih adalah orang yang diamanahkan beliau untuk mendampingi beasiswa sobat bumi dan Bu Rida yang beliau amanahkan untuk mendampingi Sekolah Sobat Bumi. Dari hasil meeting maka beliau ingin menciptakan sebuah sistem dimana sistem tersebut dapat membantu melakukan monitoring dan evaluasi tanpa harus melihat ke suatu daerah tempat sekolah sobat bumi ada. Sekolah sobat bumi merupakan sebuah program dari pertamina foundation dimana ada sekolah champion yang memenangkan piala adiwiyata dari kemeterian lingkungan hidup di rekrut dan di berikan fasilitas pembelajaran dengan memanfaatkan sumber daya potensial di lingkungan sekolah tersebut. Adapun beberapa project yang dikembangkan oleh Sekolah Sobat Bumi adalah, Project Eko Transport, Micro Pico Hidro, Kantin Sehat, Kebun Raya Mini, Dan Bio Etanol. Diminggu pertama ini kami dapat mengetahui hal apa saja yang akan kami kerjakan selain melakukan digitalisasi buku Sekolah Sobat Bumi yang telah ditugaskan oleh SEAMOLEC sebelum kami tiba di tempat magang ini.

Minggu 2
Di minggu kedua ini kami melakukan analisis mengenai sistem yang akan dibuat pada Monitoring Dan Evaluasi Sekolah Sobat Bumi ini, pada minggu ini kami menetapkan bahwa sistem yang akan kita bangun menggunakan web sesuai permintaan dari Pak Nanang dimana sistem tersebut dapat diakses oleh siapapun dan dimanamun meskipun ada beberapa content yang layak atau tidak untuk di publish kepada masyarakat luar. Pada minggu kedua ini kami masih melakukan analisis terhadap modul-modul sekolah sobat bumi yang akan kami digitalisasi. Dalam melakukan analisis terhadap Sistem Monitoring Dan Evaluasi Sekolah Sobat Bumi banyak sekali kami sharing pendapat agar sistem ini dapat berjalan sesuai dengan permintaan yang ada, kami pun mengusulkan agar pada Sistem Monitoring Dan Evaluasi Sekolah Sobat Bumi Ini terdapat fitur BBB (Big Blue Button) yaitu sebuah sistem video conference yang sedang digunakan oleh SEAMOLEC sebagai salah satu fasilitas pembelajaran jarak jauh. Namun kami disarankan agar membuat sebuah proposal dan email resmi kepada bapak pimpinan unit Green Life Education yaitu Pak Nanang. Namun setelah kami melakukan analisis terhadap sistem tersebut ternyata sistem tersebut telah dikembangakn oleh mitra dari Pertamina Foundation karena takut melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan atau overlap pekerjaan maka kami mendiskusikan dengan pimpinan dari Pertamina Foundation sendiri yaitu Bu Nina Pramono sekaligus kami berkenalan dengan beliau karena beliau merupakan orang sibuk dan sush untuk ditemui. Dari pertemuan dengan Bu Nina Pramono, Bu Nina memberikan solusi agar kami melakukan meeting dengan mitra Pertamina Foundation yang sedang melakukan pekerjaan ini yaitu KEHATI dimediasikan oleh mas Ahmadi yaitu staff komunikasi dan media dari Pertamina Foundation sendiri.

Minggu 3
Pada minggu ketiga kami magang kami mulai mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan kantor dari Pertamina Foundation, dan pada minggu ketiga ini juga kami melakukan meeting dengan mitra dari Pertamina Foundation yang mengembangkan sistem Sekolah Sobat Bumi dan dari hasil meeting tersebut kami menghasilkan sebuah jalan keluar ternyata mitra tersebut belum melakukan handle pada sistem mereka mengenai fungsionalitas monitoring dan evaluasi sekolah sobat bumi ini. Dan pada minggu ketiga ini kami diminta nomer rekening oleh unit keuangan untuk meberikan salah satu fasilitas yang kami dapat ketika magang di Pertamina Foundation. Di minggu ketiga ini kami terus beradaptasi dengan selalu mengikuti aturan yang ada disana masuk pukul 08.00 WIB pulang pukul 16.30 WIB. Pada minggu ketiga ini kami pun masih menunggu hasil dari usulan kami mengenai fitur BBB (Big Blue Button) yang aka nada pada web Monitoring dan Evaluasi Sekolah Sobat Bumi ini. Namun dari usul kami tersebut kami membutuhkan sebuah perangkat untuk mendukung fasilitas Big Blue Button ini namun sampai minggu ketiga kamipun belum mendapatkan keputusan baik dari staff ahli yang mendampingi program Sekolah Sobat Bumi ataupun dari pimpinan unit Green Life Education yaitu Pak Nanang. Sehingga tim memutuskan untuk lebih focus terlebih dahulu dari pembuatan digital book dari modul-modul yang ada pada Sekolah Sobat Bumi yang telah dipinjamkan kepada kami.

Minggu 4
Pada minggu keempat kami pun masih terus menunggu apakah usulan kami disetujui oleh Pertamina Foundation dengan memberikan fasilitas perangkat untuk mendukung kami dalam mengembangkan sistem Big Blue Button pada Monitoring dan Evaluasi Sekolah Sobat Bumi. Namun melihat usulan kami belum juga direspon maka kami berinisiatif untuk membuat sebuah desain sistem baik merancang DFD, ER Diagram, dan juga membuat database yang diperlukan untuk sistem monitoring dan evaluasi sekolah sobat bumi. Beberapa dari kamipun pada minggu ini sudah jenuh sehingga kami melaporkan hasil usulan kami kepada bapak direktur SEAMOLEC untuk dapat dimediasi dengan pihak dari Pertamina Foundation. Dan permintaan tersebut direspon positif oleh Pak Gatot Direktur SEMOLEC beliau meminta untuk membuat grup Whatsapp sebagai media pembantu dalam memonitoring kegiatan kami yang dilakukan di Pertamina Foundation. Dan pada minggu ini juga merupakan minggu bahagia karena fasilitas yang Pertamina Foundation janjikan ketika diawal magang terkirim ke rekening kami masing-masing. Kami tidak lupa untuk bersyukur dan juga menyisihkan 2,5% untuk orang yang membutuhkan.

Minggu 5
Pada minggu kelima kami memulai bulan kedua kami magang di Pertamina Foundation dan mulai minggu kelima kamipun mulai merasakan sedikit tingkat kejenuhan magang dan pada akhirnya kami masing-masing memilih aktifitas sendiri-sendiri pada akhir pekan minggu kelima ini untuk berlibur sekaligus refreshing. Kegiatan magang kami pun di Pertamina Foundation mengalir seperti air, kami dating pagi jam 08.00 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB target untuk 1 bulan kedepan ini adalah 50% pengerjaan digital book dan juga 50% pengerjaan sistem web sekolah sobat bumi. Pada minggu kelima ini kami berkenalan langsung dengan wakil direktur Pertamina Foundation yaitu Pak Wahyudin Akbar dan beliau merupakan satu alumni institusi yaitu Institut Teknologi Bandung, Pak Wahyuding merupakan alumnus dari Informatika ITB dan termasuk orang yang disegani untuk bidang IT di Pertamina Foundation selain beliau merupakan wakil direktur Pertamina Foundation. Di minggu ini kami mendapatkan pelajaran yaitu bagaimana membuat sistem yang no-money to money sehingga nantinya dapat menciptakan sistem yang dapat membantu meningkatkan keuangan suatu perusahaan.

Minggu 6
Pada minggu keenam kami tetap focus terhadap dua hal yang sedang kami kembangakan yaitu pembuatan sistem web Monitoring dan Evaluasi Sekolah Sobat Bumi dan juga Digitalisasi buku sekolah sobat bumi. Dan pada minggu keenam ini pun kami diundang untuk menghadiri rapat koordinasi bersama seluruh mitra dari Pertamina Foundation di puncak bogor. Disana kami berkenalan dengan seluruh mitra, dan ternyata visi utama dari Pertamina Foundation yaitu untuk melakukan pergerakan dan kampanye save green di Indonesia sudah mulai mendapatkan hasil begitu banyak mitra yang terlibat disana untuk mensukseskan visi tersebut. Di akhir rapatpun kami turut menyampaikan progress pekerjaan kami sudah sampai sejauh mana. Sehingga pihak dari Pertamina Foundation dapat mengetahui progress pekerjaan kami.

Minggu 7
Pada Minggu ketujuh ini, merupakan minggu tersibuk di Pertamina Foundation karena pada minggu ini seluruh pegawai Pertamina Foundation sibuk membuat planning untuk kegiatan anniversary dari Pertamina Foundation mulai dari content acara sampai tamu yang akan diundang. Sehingga kami pada minggu ini kurang terlalu focus mengerjakan pekerjaan magang kami karena kami diminta bantuannya untuk memberikan sumbangan ide untuk acara tersebut.

Minggu 8
Pada minggu kedelapan,kegiatan magang kami berjalan seperti biasanya kami dating kantor seperti biasa, dan juga melakukan kegiatan pengembangan dan riset untuk sistem Monitoring dan Evaluasi Sekolah Sobat Bumi seperti biasa. Namun pada minggu ini, minggu yang sepi juga buat saya khususnya karena dua orang tim mengalami sakit sehingga tidak bisa hadir di kantor. Namun pada minggu ini kami tetap semangat melakukan pekerjaan yang ada dan juga pada minggu kedelapan ini juga kami menerima salah satu fasilitas magang kami kedua yang kami terima di rekening bank kami masing-masing. Sehingga biaya hidup dijakarta yang kami jalani sedikit banyak dapat terbantu dengan adanya fasilitas yang Pertamina Foundation berikan kepada kami selama magang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s